Halaman

Rabu, 27 Juli 2022

Rabu-270722 Belajar OOP

 

Codinag Pada Class Game

seperti di bawah ini

package dasar;


/**

 *

 * @author KOMPUTER-03

 */

public class Game {

    

     public static void main(String[] args){


        // membuat objek player

        Player batman = new Player();


        // mengisi atribut player

        batman.name = "batman merah";

        batman.speed = 78;

        batman.healthPoin = 0;


        // menjalankan method

        batman.run();


        if(batman.isDead()){

            System.out.println("Game Over!");

        }


    }

    

}


Lanjut pada Codingan Calss Player:

package dasar;


public class Player {

     // definisi atribut

    String name;

    int speed;

    int healthPoin;


    // definisi method run

    void run(){

        System.out.println(name +" is running...");

        System.out.println("Speed: "+ speed);

    }


    // definisi method isDead untuk mengecek nilai kesehatan (healthPoin)

    boolean isDead(){

        if(healthPoin <= 0) return true;

        return false;

    }

  

}

Kedua Coding di atas masi berhubungan yang akan menampilkan hasil Seperti ini:


Apa bila batman.healthPoin = 0; kita isi denagn nilai 1000 maka hasil nya seperti ini:


   Sudah kita lanjut pada Calss Drone :

package dasar;


public class Drone {
    
    int energi;
    int ketinggian;
    int kecepatan;
    String merek;

    // method
    void terbang(){
        energi--;
        if(energi > 10){
            // terbang berarti nilai ketinggian bertambah
            ketinggian++;
            System.out.println("Dorne terbang...");
        } else {
            System.out.println("Energi lemah: Drone nggak bisa terbang");
        }
    }

    void matikanMesin(){
        if(ketinggian > 0){
            System.out.println("Mesin tidak bisa dimatikan karena sedang terbang");
        } else {
            System.out.println("Mesin dimatikan...");
        }
    }

    void turun(){
        // ketinggian berkurang, karena turun
        ketinggian--;
        energi--;
        System.out.println("Drone turun");
    }

    void belok(){
        energi--;
        System.out.println("Drone belok");
        // belok ke mana? perlu dicek :)
    }

    void maju(){
        energi--;
        System.out.println("Drone maju ke depan");
        kecepatan++;
    }

    void mundur(){
        energi--;
        System.out.println("Drone mundur");
        kecepatan++;
    }
    
}

Kemudian kita harus membuat Codinag teman nya seperti ini:
Saya memberi nama Calss nya MobilPerang;


package dasar;

public class MobilPerang {
    
    public static void main(String[] args){

        // membuat objek player
      Drone batman = new Drone();

        // mengisi atribut player
        batman.energi = 1000;
        batman.ketinggian = 500;
        batman.kecepatan = 10000;
        batman.merek = "anjo";
        // menjalankan method
        batman.terbang();

    
    }
   
}

Apa bila ke dua nya telah di buat maka akan menghasilkan seperti berikut:
Di sini kalian bisa merubah denagn sesuka anda:


,(Kalau saya memilih terbang)

Trimakasih telah melihat Blog saya 
By:rahuga sirait


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu-270722 Belajar OOP

  Codinag Pada Class Game seperti di bawah ini package dasar; /**  *  * @author KOMPUTER-03  */ public class Game {           public static ...